Thursday, March 4, 2010

memanusiawikan sang hati

semerbak rasa menghujam asa, membumbungkan aku sejauh cirrus dari dasar bumi. seketika kepekaan indera kembali pada fungsinya, tanpa cukup waktu untuk tepekur, tanpa cukup ruang untuk kembali menapaki jejak-jejak sang takdir.. duniaku terhenti dalam detik ini, hanya terhenti dan tak bertindak.

seperti terjebak dalam satu bahasa, terjerembab dalam seluk-beluk cahaya temaram yang kadang menyesakan mata.. sangat menyesakan namun tak 'kan kuhiraukan. aku bertahan pada masa ini semata ingin memahami kerja para indera.. benar mendengarkan dan tidak hanya mendengar, benar memperhatikan dan bukan hanya melihat, sungguh benar merasakan dan bukan sekedar terasa.. kesemuanya fungsi indera untuk keluhan diri sendiri.

ego ini sedang tidak ingin berkompromi dengan apapun, dengan siapapun.. alter ego ini hadir tanpa peringatan, ia datang entah dari arah mana.. dan kali ini, kumohon biarkan aku mendengarkan keluhnya dalam peluh, biarkan aku mengukir percikan cahaya pada lingkaran penuh cahaya ini, jangan tahan aku untuk berkubang dalam hitamnya lulukku. tampaknya gamangnya kisah ini harus ada dan menjadi bagian dalam rona duniaku..

nurani ini sedang melambung tak tentu arah sehingga sulit untuk direngkuh dan aku lepaskan ia pada rasa ini.. 'ku lupakan sejenak sesuatu yang disebut logika, dan mungkin sang akal sehat pun sedang beristirahat di tempat ternyaman dalam rusuk.. dan aku tak mengharapkan mereka kembali pada fungsinya dalam kecepatan cahaya,, tetaplah di sana.. berikan ruang dan waktu untuk rasa ini..

rasa yang salah dan mencari pembenaran, rasa yang tak pernah berikan aku kuasa untuk menghindar.. rasa yang tanpa asa.. rasa yang menghentikan rotasi duniaku tepat di saat aku ingin terus berlari. aku hanya ingin memberontak dari kekisruhan ini, namun tetap saja 'ku hayati tiap warnanya, makin terpukau 'ku pada tiap kemilaunya,,

aku tidak memilih cawan ini untuk 'ku reguk, sungguh tidak. jangan persalahkan aku jika ternyata aku mengambilnya darimu.. sungguh ini hanya untuk sementara, hanya untuk saat ini.. ia akan kembali pada hulunya.. 'ku pastikan ia kembali padamu!

No comments:

Post a Comment