Friday, January 14, 2011

semesta

aku terjerembab dalam sebuah keharuan semesta, membeku dalam lidah-lidah api yang kian menghangatkan biduk. semakin aku meronta semakin pula aku melesak kedalamnya. stalagnit dan stalagtit pada semesta ini menggugahku, memaksa indera berkarya optimal, berakselerasi pada ujung-ujung syaraf serasa aku menyatu dengan keharuan yang membirukanku ini.

relung penyusun semesta ini mengadaptasikan dirinya padaku. mendekap pada saat yang tepat dan mengendur ketika jiwa ini merasa terancam. semesta ini melindungiku dengan caranya sendiri, tanpa banyak menggugat, tanpa sibuk bertutur. ia sepertinya memang harus ada, ada untuk kembali menyadarkanku untuk bersandar, ada untuk meyakinkan aku kembali percaya pada rapuhnya hati yang terlalu piawai 'ku jaga. kerapuhannya tak akan tahir bila terus saja aku tahtakan di sana. hati itu harus kembali pada sang hulu, seberapapun rapuhnya, ia harus kembali terjaga. ya, aku letakkan kembali ia pada semesta.

dalam ribuan detik yang terlewati, hati ini aku semayamkan disana, tak tanpa perisai dan tanpa pedang, tepat di tengah semesta. sempurna dengan segenap luka dan sisa bilur kepercayaan yang terpatri dalam palungnya. meletakkannya pada semesta sembari terus aku mengawasinya sejauh jangkauan meriam dan mortir.

aku sejarak itu dengan sang hati, menatapnya tanpa lelah, terus berjaga.. namun lelehan air mata ini tak tertahan, oleh sebab rasa takut yang menyeruak di pelupuk. kekhawatiran melenggang dengan gemulainya pada buah pikirku.. sang hati telalu lama terlindungi dalam nyaman, kini harus bergeming dalam kerasnya semesta.. akankah ia bertahan? mampukah ia kembali terluka? terlunta!

andai aku sanggup, sungguh aku akan berlari dan kembali menyelamatkannya. meraihnya dalam diam dan mendekapnya tanpa batas.. hanya untuk memastikan ia terselamatkan dari ganasnya sang semesta.

namun di sini aku, sejarak dengan sang hati.. hanya dapat menatap dan meratap diselip bisikan-bisikan doa agar hati tak tersentuh nelangsa.



*pic taken from google

No comments:

Post a Comment