Tuesday, June 8, 2010

emansipasi

apa itu emansipasi?

sebentuk kesetaraan gender yang digugat melulu oleh kaum hawa? penggugatan hak yang tidak berbanding lurus dengan kewajiban? mengerti apa kaum hawa ini akan segala gugatannya? jika mereka hanya melulu menggugat hak dan tidak untuk kewajiban yang melekat pada sang emansipasi.

apa itu emansipasi?

akankah emansipasi meluluhlantakkan kodrat yang telah dituliskan oleh Sang Esa? apakah emansipasi sebagai suatu pembenaran untuk sebuah agresivitas kaum hawa? sedangkan konsep dasar sel telur tidak pernah berganti meski masa telah sampai era maya ini. ia tidak pula menggantikan peran sperma; ia tidak berganti menjadi berlari mengejar sesuatu, dan ia tetap diam dimana ia harus bersemayam, juga ia tidak membawa bakal jantung namun membawa keseluruhan organ bagi calon anak manusia. sel telur tetap sebagai sel telur. kodrat diamnya bukan mentakdirkan kaum hawa akan kepasifan, tetapi lebih kebanyakan untuk tetap tenang, bajik dan bijak dalam singasananya.

buah pikir awal tentang emansipasi tentunya tidak bermaksud untuk meniadakan konsep dasar kaum hawa. kesetaraan gender bagi para pencetus pendekar perempuan bukan melulu pada hingar-bingar ribuan gugatan atas hak tanpa disertai kewajiban yang belakangan lebih memarginalkan kaum hawa sendiri. emansipasi yang dipolitisi lebih harus diwaspadai oleh para pendekar perempuan. kembalilah menyusun barisan yang koyak diganyang jaman, kembalilah kepada buah pikir awal emansipasi, tanpa kontaminasi, tanpa kontroversi...

terus berjuang, para pendekar perempuan!

No comments:

Post a Comment